[Trans] Full Interview of U-Know Yunho for Grazia Magazine (February Issue)

Permalink gambar yang terpasang

 

Q (Question): Kami dengar Anda suka jalan-jalan  apakah hingga sekarang Anda masih suka jalan-jalan?

YH (Yunho): Aku berjalan-jalan secara rahasia. Meskipun kami berjalan-jalan menggunakan mobil, kami akan berhenti sebentar dan aku akan jalan-jalan. Aku butuh waktu untuk menyendiri untuk mengatur pemikiranku.

Q: Saat kamu sendirian di rumah, apa yang kamu utamakan?

YH: Bersih-bersih. Beberapa saat yang lalu, aku mencuci baju. Karena beberapa baju luar harus dicuci menggunakan tangan. Haha. Sekarang aku tinggal sendiri, jadi ini terdengar lucu. Kadang aku berusaha memasak. Ini menyenangkan, namun karena aku terbiasa dengan kehidupan dorm, kadang-kadang aku merasa kesepian.

Q: Bisakah Anda memberikan contoh?

YH: Sementara aku berjalan di jalan, jika ada sesuatu yang menarik, aku akan membelinya dan menggantungnya. Aku juga berusaha mengubah penataan interior dalam rumah. Aku juga pergi keluar rumah untuk membeli kebutuhan sehari-hari . ini menyenangkan.

Q: Sekarang apakah fans Anda masih menguntit Anda? Jika tidak, apakah Anda telah menemukan cara untuk menjaga keseimbangan hidup Anda?

YH: Fans masih suka menguntitku seperti sebelumnya namun dibandingkan beberapa waktu sebelumnya, sekarang mereka lebih suka mengamatiku dari kejauhan seperti orang sopan.

Q: Anda seperti orang bebas.

YH: Aku telah bebas. Selama 10 tahun perjalanan karirku belum pernah aku merasa bebas seperti sekarang, sekarang nampaknya kami menjadi diri kami masing-masing. Jika mereka berjalan mendahului, kemungkinan mereka akan mengikuti kami lagi. Sejalan atau tidak, sekarang aku merasa tenang.

Q: Akhir-akhir ini adakah sesuatu yang ingin Anda lakukan namun  belum Anda lakukan karena kesibukan Anda?

YH: Berselancar di atas salju. Aku ingin berselancar salju di musim dingi tahun ini. Aku juga ingin menonton film. Sekarang aku tidak bisa menonton film dengan teratur. Aku baru menonton satu film saat berada di rumah.

Q: Sebenarnya Anda adalah tipe orang yang suka berjalan-jalan bersama teman-teman Anda jika Anda memiliki waktu yang tepat, benarkah demikian?

YH: Ya, namun akhir-akhir ini aku tidak dapat sering jalan-jalan. Karena teman-temanku juga berusia 29-30 tahun. Karena dengan usia tersebut mereka memiliki banyak tanggung jawab, maka mereka menjadi sibuk dengan kehidupan mereka masing-masing. Meskipun demikian, semuanya baik-baik saja hingga saat ini. Aku bahagia.

Q: Son Ho Joon, yang popular saat ini, juga terkenal sebagai sahabat Anda sejak dulu.

YH: Beberapa sahabatku seperti Ho Joon hyung juga memiliki kesibukan sendiri. Meskipun teman-temanku yang lain juga telah sukses.

Q: Kelihatannya Anda sangat kesepian.

YH: Sebenarnya, aku tipe orang yang gampang merasa kesepian. Mungkin inilah mengapa saat aku kesepian, aku menulis sesuatu. Karena ini terlihat sebagai waktu yang tepat bagiku untuk mengatur berbagai aspek kehidupanku, aku merasakannya, tanpa merasa khawatir. Aku butuh merasakan sesuatu yang baru secara teratur.

Q: Memperhatikan Anda yang selalu bersenandung sementara pemotretan, beberapa staf berpikir,  “Apakah Anda bersenandung karena Anda lelah?”

YH: Begitu ya? Haha. Sebenarnya aku sedikit lelah dan aku harus selalu mengabaikannya, jadi aku bersenandung pelan sehingga aku tidak kehilangan semangat.

Q: Eksistensi yang dipancarkan oleh angka “10” itu cukup dipertimbangkan. Seperti ada perasaan khawatir atau pendapat dari kalian berdua hingga memasukkannya ke dalam peringatan 10 tahun debut TVXQ.

YH: Hal ini selalu menjadi bahan pembicaraan saat sebuah album dirilis, bahwa akan ada kekhawatiran, bukankah begitu? Sebenarnya meskipun kami memiliki banyak lagu ballad, ada kepedulian terhadap kekhawatiran masyarakat tentang kami, karena itu kami fokus pada penampilan yang cool. Aku ingin mengubah hal tersebut, bahwa penampilan akan mendorong orang-orang mendengarkan lagu-lagu kami. Sejauh ini, kami menghapus banyak suara mekanikal  dan mencoba menciptakan album yang lebih klasik. Jadi, judul lagu yang diisi oleh vocal kami terdengar familiar, kamu membuat semacam suara band sering muncul dan mengisi lagu dari awal hingga akhir. Kami juga ingin menunjukkan kemampuan penyanyi yang telah eksis selama 10 tahun dan membuat berbagai lagu klasik. Namun meskipun kami merecoki sisi kami, pengalaman bertahun-tahun telah membuktikannya. Album ini Nampak berbeda daripada album kebanyakan.

Q: Dibandingkan waktu sebelumnya, album ini terdengar berbeda.

YH: Benar kan? Meskipun demikian, ada kemungkinan kami membuat music tanpa mempertimbangkan banyak hal. Selama 10 tahun, lagu-lagu kami berhasil berada di posisi pertama berulang kali. Namun karena kami berhasil di posisi pertama pada album peringatan 10 tahun debut kami, hal ini terasa berbeda. Di samping senang menjadi nomor satu, karena aku juga berpikr, “Ah, kami menerima banyak cinta selama ini.” Aku semakin bertanggung jawab dan membuat resolusi. “Kami akan terus berjalan dalam jangka waktu lama.” Karena kami adalah TVXQ, sementara menyiapkan hal-hl baru untuk penampilan kami, aku juga ingin membuat music yang berbeda dengan lainnya.

Q: Namun jika demikian, bukankah itu sangat melelahkan? Katakanlah “Tidak ada yang baru di bawah matahari”, tidak ada yang eksis tanpa alasan, bukankah demikian?

YH: Selama “Catch Me”. Kami juga seperti itu. Kami berpikir, “Ah, tidak ada koreografi dance yang lebih baik daripada ini.” Namun setelah meremehkan lainnya, muncul sesuatu yang baru. Koreografi seperti ini.

Q: Meskipun 10 tahun adalah waktu yang lama, seharusnya ada momen spesial yangtidak dapat dilupakan. Apakah Anda memilikinya?

YH: Apa pun yang terjadi, hal ini tetap sama pada saat itu, saat di mana Changminnie dan aku pertama kali muncul di SM Town Concert pada tahun 2010, saat kami berdua berlari di atas panggung dari awal hingga akhir, kami sangat khawatir. Kami tidak tahu apakah masyarakat masih ingin mlihat penampilan kami, dan segalanya bersifat sementara dan tidak pasti. Meskipun demikian, pada saat itu, kami melihat harapan di atas panggung. Kepercayaan bahwa, “Ah, kami berdua mampu melakukannya.” Nampaknya kami berjalan hingga hari ini demikian pemikiran seperti itu. Aku tidak dapat membayangkan apa yang akan terjadi jika kami tidak bisa tampil di depan umum. Dan juga momen saat kami menyelesaikan tur nasional di Jepang. Pelajaran yang aku dapat adalah kenyataan betapa bahagianya aku di atas panggung.

Q: TVXQ juga menyanyikan lagu-lagu lama kalian pada konser peringatan 10 tahun debut kalian, bukankah masa lalu mendadak muncul di depan mata Anda?

YH: Setiap kami menyanyikan lagu-lagu itu satu demi satu. Meskipun kami menyanyikan lagu “Hug” kami mengenakan seragam yang sama. Berbagai perasaan berbeda bermunculan. Lagu itu kami nyanyikan di akhir usia remajaku, dan sekarang lagu itu kami nyanyikan lagi di akhir usia 20-an ku. Kenangan lama itu hidup kembali dan aku juga berpikir, “Ah, kami berkembang dengan baik.”

Q: Apakah Anda menikmati dirimu sendiri saat berada di atas panggung, seperti sebelumnya?

YH: Meskipun melakukan siaran juga menyenangkan, tempat terbaik di mana aku bisa menemukan diriku sendiri adalah di atas panggung. Di sana juga tempat di mana aku bisa meledak dan bercahaya. Aku menyebut diriku sendiri, “Batu bertuah”. Tidak mengapa orang-orang berbicara tentang diriku. Aku ingin membawa filosofi, pesan, dan ekspresiku sendiri di atas panggung. Karena itu, aku sangat bekerja keras seperti orang gila di mana pun.

Q: Sesungguhnya, melihat Anda yang sangat hebat dalam koreografi tarian dan berjalan di atas panggung raksasa, meskipun tanpa ada kekawatiran dalam pekerjaanmu, kami masih merasa khawatir.

YH: Terus terang, sungguh melelahkan saat kami mempersiapkannya. Grup lainnya memiliki banyak anggota namun karena panggung kami hanya terisi dua orang, tidak ada waktu istirahat. Mekipun demikian, karena kami juga menyiapkan segalanya kapan pun kami tampil. Aku sangat puas dan gembira, hal ini dapat berlanjut dalam jangka waktu lama. Aku juga cukup tertarik dengan pengarahan tata panggung. Selain itu aku juga berpikir konser kami mirip drama musical.

Permalink gambar yang terpasang

Q: Dalam 10 tahun banyak hal berubah, hal apa yang tidak berubah dari seoarng U-Know Yunho?

YH: Nampaknya ketulusan dan kejujuran saat di atas panggung tidak pernah berubah. Changminnie juga merasakannya, bagi kami, kami tidak berpikir mengubah apa pun dalam penampilan kami. Hal ini berarti bahwa kami tidak akan kalah di masa depan.

Q: Meskipun kalian berdua memiliki style yang berbeda, namun kepribadian kalian nampak sama di atas panggung.

YH: Setidaknya di atas panggung, kami tidak berpikir ringan dari itu dan kami melakukan yang terbaik. Bukankah itu karena dalam 10 tahun terakhir ketika kami sedang latihan, telah terjadi banyak insiden di mana kita benar-benar latihan sampai kami kelelahan hingga ke tulang. Itu juga sama kali ini. Kinerja pertama kami adalah berada di “Inkigayo”, selama latihan kami benar-benar bekerja keras, staf sekali lagi terkejut. Dan tentunya hal yang pasti adalah kami mengambil CD kami dan secara pribadi pergi untuk menemui senior kami, tapi kami juga pergi untuk menemukan junior di ruang tunggu mereka. Sebenarnya senior yang akan pergi ke ruang tunggu junior bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dengan keinginan untuk mengubah budaya yang ada, pertama-tama kita mencoba ini pada diri kita sendiri. Karena dengan cara ini, sepertinya kita tidak akan kesepian di masa depan. Kita akan melakukan kegiatan untuk waktu yang sangat lama, Anda tahu.

Q: Meskipun TVXQ telah dibentuk sebagai kelompok untuk waktu yang lama sekarang, secara pribadi, apa yang Anda pikirkan akhir-akhir ini?

YH: Saya berpikir tentang filosofi hidup saya, dan saya menciptakan ini dan itu. Saya tiba-tiba mendapat inspirasi dan menciptakan sesuatu, dan sekarang situasinya adalah bahwa hal itu telah disampaikan kepada Korea Intellectual Property Office. Apakah hasilnya baik atau buruk, itu mungkin dapat diketahui sekitar akhir Februari atau awal Maret. Sampai keputusan tersebut belum diumumkan, itu adalah rahasia. Haha. Baru saja saya baru saja menulis lagu, dan telah melakukan upaya untuk mencoba hal-hal yang saya suka memasukinya.  Karena saya sekarang tidak lagi usia muda, saya telah memiliki pikiran yang ingin saya coba hal-hal tersebut sendirian, seperti laki-laki. Semua pikiran tersebut telah saya tulis.

Q: Sebenarnya, Anda tidak memiliki banyak waktu luang, bukan?

YH: Meskipun demikian, kadang-kadang saya suka  berkeliaran di sekitar dan hal-hal yang meninggalkan kesan yang lebih dari yang saya harapkan. Karena ada 4 musim, setiap musim di tempat yang sama, akan ada perasaan yang berbeda. Saya juga mengambil foto.

Q: Tentunya Anda juga memiliki keserakahan dalam bertindak?

YH: Menyebutnya “keserakahan”, tampaknya seperti itu mirip. Saya juga akan berpikir, “Saat saya semakin tua, saya akan terlibat di daerah yang lebih rumit”, “Saya harus mendekati ini dengan cara lebih berhati-hati”, “Akting mirip dengan bernyanyi”. Tentu saja, meskipun kecepatan juga berbeda, dan genre hampir sama sekali berbeda, saya ingin mencoba keduanya. Meskipun Changminnie juga aktif di drama, pada saat yang sama, saya juga sempat terlibat dalam film berjudul “International Market” dimana terdapat Hwang Jung Min sunbaenim

Q: Ketika kegiatan promosi berakhir dan jika Anda memiliki waktu istirahat, apa yang akan menjadi hal pertama yang Anda lakukan?

YH: Tentu saja saya akan harus kembali ke Gwangju. Saya ingin kembali ke rumah dan beristirahat. Gwangju adalah tempat yang benar-benar berharga bagi saya. Karena walaupun saya bertemu dengan teman-teman saya pada saat itu, tidak peduli apa apa, akar saya berada di sana. Ada sebuah tempat yang disebut “Sang Am Park” di mana aku selalu pergi ketika saya memiliki waktu istirahat untuk mengatur pikiran saya. Termasuk tempat itu, ketika aku kembali ke Gwangju, saya akan menjalani proses penyembuhan dan kembali (ke Seoul).

Q: Anda masih tampak seperti seorang pemuda.

YH: Orang lain juga mengatakan hal itu. Saya ingin selalu muda. Tidak seperti U-Know Yunho yang bergerak di sekitar dengan cara yang mewah di atas panggung, tetapi juga karena Jung Yunho yang juga ada pada waktu yang sama. Ini akan menjadi hebat jika Jung Yunho adalah seperti ini di masa depan juga.

Q: Baru-baru ini, adakah satu hal yang ingin Jung Yunho ubah atau ada sesuatu yang kurang?

YH: Bukan sebagai penyanyi, tetapi akan lebih bagus lagi jika Jung Yunho dapat mengalami lebih dari dunia di mana orang-oramng hidup. Saya melakukan pekerjaan yang cukup istimewa sekarang, bukan. Beberapa waktu lalu, saya pergi ke pasar perikanan dan itu persis seperti itu. Saya berpikir bahwa saya harus mencari tahu hal-hal seperti apa yang sama dengan rekan-rekan kami lakukan dan bagaimana mereka menjalani hidup mereka baru-baru ini, sehingga ketika saya menghadapi orang-orang, rasanya seperti aku bisa menjadi lebih tulus dengan mereka.

source: Grazia magazine (February Issue)

engtrans by @mug_ping

credit: DBSKnights

Indotrans & shared by redlightstick.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

